Definition List

Sabtu, 24 Maret 2012

Standar dan kriteria tes serta nilai kelulusan tes lari 12 menit atau 2,4 Km ^_^


Standard dan kriteria kelulusan tes kebugaran dengan tes lari 12 menit atau lari 2,4 km
Untuk mengetahui tingkat kesehatan atau kebugaran seseorang kita dapat melakukan tes, tes tersebut dapat dilakukan dengan lari selama 12 menit atau lari 2,4 Km. tapi bagaimana menentukan kriteria kelulusan dari tes ini ?
Pertama mari kita lihat tabel berikut yang berisi nilai yang harus didapatkan seseorang yang menjalankan tes tersebut baik lari dengan patokan waktu atau dengan patokan jarak.

PATOKAN HASIL TES LARI 12 MENIT UNTUK UMUR DI BAWAH 30 TAHUN
KRITERIA
PRIA (Km)
WANITA(Km)
Sangat baik
>  2.81
> 2.65
Baik
< 2.41 - 2.8
< 2.17 - 2.64
Sedang
< 2.01 - 2.40
< 1.85 - 2.16
kurang
< 1.61 - 2
< 1.58 – 1.84
Sangat sangat kurang
< 1.16
< 1.63


PATOKAN HASIL TES LARI 2.4 KM UNTUK UMUR DI BAWAH 30 TAHUN
KRITERIA
PRIA
WANITA
Sangat baik
> 10 MENIT 19 DETIK
> 10 MENIT 58 DETIK
Baik
< 10’ 20” – 12’ 04”
< 10’59” – 13’ 25”
Sedang
< 12’ 5” – 14’ 29”
< 13’ 26” – 13’ 46”
kurang
< 14 MENIT- 18 MENIT
< 15’ 47” – 15’ 56”
Sangat sangat kurang
> 18 MENIT
> 18 MENIT 57 DETIK


Ada 2 klasifikasi dalam tes aerobika.
-         Bagi mereka yang terbagi dalam kategori baik & baik sekali dapat melanjutkan ke program pemeliharaan
-         Bagi mereka yang terbagi dalam kategori sedang, kurang, dan kurang sekali diharuskan menjalani program permulaan dan program kondisi untuk melanjutkan ke program pemeliharaan.
Waktu yang dibutuhkan untuk program permulaan adalah 6 minggu untuk  melanjutkan ke program kondisi:
-         Sedang              : maka program kondisi berlangsung 4 minggu
-         Kurang              : maka program kondisi berlangsung 7 minggu
-         Kurang sekali   : maka program kondisi berlangsung 10 minggu

Dalam tes lari ini yang terpenting adalah kekuatan dan terlatihnya daya tahan dari kardiovaskularnya (kerja jantungnya). Untuk itu ada cara sederhana untuk mengetahui keadan detak jantung:
-         Seseorang dengan kondisi jantung yang sehat menurut L.H. Von dercley : setelah melakukan aktifitas sit up sebanyak 10 X maka dia harus mampu menahan nafas selama10 detik.
-         Menurut LARRENTA : seseorang yang sehat dapat melakukan sit up sebanyak 20 kali, maka setelah 2 menit denyut nadinya harus sudah kembali normal. Jika setelah 3 menit denyut nadinya belum kembali normal maka perlu dilakukan tes EKG atau sinar X-Ray. (EKG : ELECTRO CARDIO GRAM)

Untuk menjajaki serta mengamati denyut nadi seseorang yang melakukan latihan fisik ada pedoman :

-         Dalam keadaan duduk frekwensi denyut nadinya :
o   Baik                    : < 70 kali per menit
o   Sedang              : +/- 70 – 84 kali per menit
o   Kurang              : +/- 84 – 96 kali per menit
o   Kurang sekali   : > 96 kali per menit

-         Kenaikan frekwensi denyut nadi dari duduk lalu berdiri :
o   Baik                    : < 24 kali per menit
o   Sedang              : > 24 kali per menit
o   Kurang              : > 36 kali per menit
o   Kurang sekali   : > 24 – 35 kali per menit

Setelah tes tersebut pada orang yang sehat sebanyak 20 kali harus sudah normal kembali denyut jantungnya dalam waktu 2 menit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

any question or advice ? feel free to post it in here
ada pertanyaan atau saran ? silahkan anda tulis di bawah sini

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More